Apakah Modal Itu harus Uang ?

Judul dari artikel ini sengaja saya buat sebuah pertanyaan karena pola pikir kita selalu mengatakan bahwa modal itu adalah uang dan hanya uang yang dapat dikatakan modal. Mari kita gali terlebih dahulu apa itu modal dalam berbagai pengertian secara khusus dan umum karena modal sangat krusial dalam memulai dan kelanjutan berwirausaha.
Pengertian modal dari beberapa penulis, yaitu sebagai berikut:
1. Liitge mengartikan modal hanyalah dalam artian uang (geldkapital).
2. Schwiedland memberikan pengertian modal dalam artian yang lebih luas, di mana modal itu meliputi baik modal dalam bentuk uang (geldkapital), maupun dalam bentuk barang (sachkapital), misalnya mesin, barang-barang dagangan, dan lain sebagainya. Kemudian ada beberapa penulis yang menekankan pada kekuasaan menggunakannya, yaitu antara lain J.B. Clark.
3. A. Amonn J. von Komorzynsky, yang memandang modal sebagai kekuasaan menggunakan barang-barang modal yang belum digunakan, untuk memenuhi harapan yang akan dicapainya.
4. Meij mengartikan modal sebagai “kolektivitas dari barang-barang modal” yang terdapat dalam neraca sebelah debit, sedangkan yang dimaksud dengan barang-barang modal ialah semua barang yang ada dalam rumah tangga perusahaan dalam fungsi produktifnya untuk membentuk pendapatan.
5. Polak mengartikan modal ialah sebagai kekuasan untuk menggunakan barang-barang modal. Dengan demikian modal ialah terdapat di neraca sebelah kredit. Adapun yang dimaksud dengan barang-barang modal ialah barang-barang yang ada dalam perusahaan yang belum digunakan, jadi yang terdapat di neraca sebelah debit.
6. Bakker mengartikan modal ialah baik yang berupa barang-barang kongkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan yang terdapat di neraca sebelah debit, maupun berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat di sebelah kredit”.
Pengertian di atas adalah pengertian modal secara khusus di dalam perusahaan. Apakah benar pengertian modal hanya sebatas itu. Sekarang kita artikan modal secara umum.


Kita akan membahas modal secara umum karena modal secara khusus memiliki pengertian sendiri berdasarkan kaidah – kaidah manajemen. Apa saja yang bisa dikatakan modal secara umum.
Pengertian modal secara umum :
Modal dapat didefinisikan secara luas mencakup “ semua aspek yang dapat mendukung tujuan awal usaha/ bisnis dan kelangsungan suatu usaha/bisnis ”.
Modal menurut saya adalah “ potensi yang ada dalam diri sendiri dan dapat dioptimalkan untuk mencapai tujuan yang jelas “.
Menurut penjelasan bapak Drs. Darpujianto, MM. ( Dosen kewirausahaan saya )
“ Modal itu terdiri dari 4 aspek yaitu niat, suatu tindakan, pendirian (keyakinan) dan uang”
Dari dasar diatas kita dapat mengetahui bahwa secara umum modal itu tidak hanya uang. Ada baiknya memulai usaha dengan memformulasikan kata ini BOTAK yang saya ambil dari blog mas achoey yaitu BOTAK (Berani, Optimis, Tekad, Aksi dan Kemampuan).
BERANI
Berani adalah salah satu modal terpenting seorang pewirausaha. Seperti kita tahu yang namanya wirausaha itu adalah hight risk, maka hanya orang yang berani mengambil resikolah orang yang kan mampu menjadi pemenang. Berani memulai usaha harus segera ditanamkan dalam diri setiap kita yang berpikir ingin menjadi pewirausaha.
OPTIMIS
Saya tidak suka melakukan sesuatu yang diawali oleh sikap ragu-ragu, apalagi pesimistis. Apa yang kan terjadi adalah apa yang kita pikirkan. Begitulah inti dari ”The Secret Theory”. Seperti pepatah Sun Tzu, “Jangan pergi berperang sebelum yakin menang.” Jadi optimis saja bahwa kita mampu menang!
TEKAD
Menurut saya tekad adalah niat yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu. Maka jika kita sudah memiliki tekad untuk menjadi pewirausaha, otomatis kita memiliki antibodi (daya tahan) yang kuat terhadap berbagai penyakit GHT (Gangguan, Hambatan dan Tantangan).


AKSI
Kita mungkin pernah mendengar ungkapan NATO (No Action Talk Only). Nah ini yang membuat kita tidak akan dipercaya oleh diri kita sendiri ketika kita hanya bicara teori terus tanpa menyentuh praktek. Jadi segera beraksi!
KEMAMPUAN
Kemampuan yang saya maksud di sini adalah kemampuan mengolah segala potensi yang ada pada diri kita. Ketika kita memiliki beberapa kemampuan yang belum terdaftar pada menu kualitas diri kita maka kemampuan yang ada ini akan menarik kemampuan yang belum ada tersebut. Misal, kemampuan kita mengkomunikasikan ide akan membuat orang percaya dan melakukan investasi. Jadi kemampuan financial yang belum kita miliki akan tertarik oleh kemampuan komunikasi kita.
Apakah sekarang anda sudah berani memulai untuk berwirausaha jawabnya ada ditangan anda karena memulai usaha tidak hanya bermodal uang. Baca juga artikel saya sebelumnya Merubah pola pikir tentang Wirausaha.


Referensi :
http://investorsukses.ohlog.com/arti-modal.oh58958.html
http://achoey.wordpress.com/2008/07/07/kata-siapa-wirausaha-modal-bukan-soal/
http://achoey.wordpress.com/2008/07/03/kiat-mantap-memulai-usaha/

0 komentar:

Posting Komentar