Merubah Pola Pikir Tentang Berwirausaha

Sebelum kita mengubah pola pikir tentang wirausaha kita hendaknya mengerti terlebih dahulu apa itu wirausaha dengan istilah – istilah yang ada saat ini. Seperti entrepreneurship, intrapreneurship, entrepreneurial, entrepreneur dan wirausaha secara sederhana dari berbagai reverensi, Dengan pengertian.

1. Entrepreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneurship meliputi pembentukan perusahaan baru, aktivitas kewirausahaan juga kemampuan managerial yang dibutuhkan seorang entrepreneur.

2. Intrapreneurship didefinisikan sebagai kewirausahaan yang terjadi di dalam organisasi yang merupakan jembatan kesenjangan antara ilmu dengan keinginan pasar.

3. Entrepreneur didefinisikan sebagai seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar daripada sebelumnya, dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.

4. Entrepreneurial adalah kegiatan dalam menjalankan usaha atau berwirausaha.

5. Wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumberdaya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambil tindakan yang tepat dalam memastikan keberhasilan.”

6. Wirausaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengajar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif, dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.”

Dari pengertian – pengertian diatas kita dapat menyimpulkan secara sederhana bahwa

“wirausaha adalah bekerja dengan usaha sendiri dan kemampuan untuk berdiri sendiri dengan tujuan yang jelas”

Maksud dari tujuan yang jelas adalah semua tujuan kita itu sesuai dengan apa yang kita inginkan dengan managemen waktu, biaya dan tenaga yang kita usaha kan sendiri berdasarkan kemampuan diri sendiri.

Pola pikir kita dapat mempengaruih sebuah keberhasilan dalam wirausaha. Seperti pola pikir dibawah ini.

“Bahwa kegiatan wirausaha akan memberikan kontribusi ekonomi diri sendiri, keluarga , dan pemerintah, baik industri dan perdagangan. Pertumbuhan industri yang diikuti kemajuan perdagangan akan melahirkan kesempatan kerja baru. Lapangan kerja baru dan tenaga kerja baru, yang pada hakekatnya mengurangi pengangguran, mengatasi ketegangan sosial, meningkatkan taraf hidup masyarakat, memajukan ekonomi bangsa dan negara, pada akhirnya menentukan pula keberhasilan pembangunan nasional. “

Dari kutipan diatas sangat mulia bukan menjadi seorang wirausaha tidak hanya memberikan kontribusi kepada diri sendiri tapi juga buat orang lain. Saya jadi teringat oleh kata – kata chung ju-hyung seorang pendiri Hyundai grup.

“ Sebuah perusahaan kecil adalah milik pribadi seseorang. Ketika perusahaaan menjadi besar, ia akan menjadi milik karyawannya dan ketika perusahaaan itu berkembang lebih lanjut, ia akan menjadi milik masyarakat dan merupakan kekayaaan Negara ”

Dosen sistem informasi akutansi saya dulu Bapak Anas firman juga mengatakan :

“ Untuk bekerja ikut orang hanya butuh tangan manusia untuk membantunya tapi untuk menjadi seorang Entrepreneur butuh tangan tuhan dan keyakinan diri untuk membantunya “

Memulailah dengan mimpi - mimpi untuk menjadi wirausaha yang luar biasa karena dengan mimpi itu kita akan mewujudkannya.karena mimpi adalah motivasi yang dapat menggerakan seseorang untuk menjadi orang besar dan sukses. Tapi semua itu ada pada pilihan anda tetap ikut orang atau menjadi wirausaha.

“ Mari bermimpi, bermimpi untuk diwujudkan melalui pola pikir yang benar “

Referensi :
http://arina.host22.com/Pengertian_Wira_Usaha.html
http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=183
http://elisa.ugm.ac.id/files/avinpsi/K4sOQyCz/modul%20kuliah%202%20sejarah%20dan%20pengertian.pdf
Tim Multimedia Comunications. 2006. “Never Give Up, keep fight” Cetakan ke dua. Qisthi Press, Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar